SUARA INDONESIA MAGETAN

Kebakaran Hutan di Gunung Lawu Meluas dan Sudah Masuk Wilayah Kabupaten Magetan

Prabasonta - 02 October 2023 | 07:10 - Dibaca 1.35k kali
Peristiwa Kebakaran Hutan di Gunung Lawu Meluas dan Sudah Masuk Wilayah Kabupaten Magetan
Meluas kebakaran hutan gunung Lawu kini sudah masuk petak Panekan Kabupaten Magetan, dengan ketinggian diatas 2200 kaki. ( Foto : Yoni Setyo R / SuaraIndonesia.co.id )

MAGETAN, SuaraIndonesia.co.id - Kebakaran hutan gunung Lawu yang berawal dari sisi sebelah utara, kini meluas hingga sisi sebelah selatan dan barat. Kencangnya hembusan angin membuat kobaran api semakin cepat merambat dan membakar pohon pinus serta tanaman lainnya yang mudah terbakar.

Dari pantauan SuaraIndonesia.co.id di lapangan baik dinihari tadi dan selasa pagi ini ( 02/10/2023 ), kebakaran hutan gunung Lawu sudah mengarah ke sisi selatan masuk petak Panekan wilayah Kabupaten Magetan Jawa Timur dan ke arah barat yang masuk wilayah Kabupaten Karanganyar, propinsi Jawa Tengah. Kobaran api disaat hembusan angin kencang diatas gunung Lawu bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter.

Sementara itu, ketinggian kebakaran hutan di gunung Lawu berada diatas 2200 kaki. Sehingga petugas harus bekerja ekstra, apalagi posisi kebakaran berada pada koordinat yang sulit dijangkau dengan medan yang cukup terjal.

"Kebakaran hutan di gunung Lawu, sudah meluas ke sisi sebelah selatan masuk wilayah Kabupaten Magetan dan ke sebelah barat masuk wilayah Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, ketinggian kobaran api disaat ada angin kencang mencapai 10 meter, dan kebakaran hutan tersebut berada diatas 2200 kaki " kata, salah satu warga yang ikut memadamkan kebakaran hutan gunung Lawu, Saputra.

Kesiap siagaan baik warga maupun petugas yang berada di wilayah lereng gunung Lawu, tepatnya di daerah Kecamatan Panekan, saat ini sangat dibutuhkan, mengingat kebakaran di gunung Lawu, sudah masuk ke sebelah selatan, yang masuk petak Panekan, Kabupaten Magetan.

Apalagi, kobaran api jelas terlihat dari jarak 10 kilometer yang memanjang dari bawah ke atas mulai sisi utara hingga ke selatan dan melingkar menuju sisi barat lereng gunung Lawu. (Yoni)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Prabasonta
Editor : Wildan Muklishah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya