default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Penegakan Hukum Atas Kasus di Daerah Terpencil Situbondo Butuh Prioritas

Penegakan Hukum Atas Kasus di Daerah Terpencil Situbondo Butuh Prioritas
Sosial
Agung Hariyanto
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

SITUBONDO-  Pembina Relawan Rumah Rakyat, Agung Hariyanto melihat fenomena penegakan hukum di pedesaan yang jauh dari jangkauan yang membutuhkan perhatian lebih.

Dia menanggapi opini sebelumnya yang diungkapkan oleh Penasehat FARMER (Forum Aspirasi Rakyat Merak) Situbondo, Gus Fauzi yang merupakan harapan perlunya edukasi hukum bagi warga kampung sebagai langkah preventif.

"Sejak saya pertama kali kuliah di fakultas hukum Universitas Merdeka Malang tahun 1996, kata 'hukum'  seolah seperti kewajiban yang harus dipahami dilaksanakan dan dihormati.
Beberapa pengertian kata hukum terkadang menjadi sebuah momok yang menakutkan bagi orang yang jarang melakukan sebuah kesalahan, para tokoh ahli hukum secara nyata jelas memberikan pengertian kata hukum, unsur hukum, syarat hukum, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan hukum," kata Agung , Selasa (22/10/2019) siang.


Dia menyebut bahwa hukum bukanlah kekuasaan dan kekuasaan bukanlah hukum, tetapi kedua hal tersebut harus saling mengisi disetiap ruang dalam upaya pelaksanaan hukum itu sendiri. Fenomena yang terjadi saat ini, hukum menjadi tidak sejajar kedudukannya. Ada kecenderungan kekuasaan melebihi kapasitas fungsi hukum.


"Di era yang serba moderen saat ini, pendidikan hukum masih menjadi sesuatu yang eksklusif terutama pendidikan hukum yang hanya berlaku lebih dominan pada masyarakat perkotaan dari pada warga kampung, terutama di daerah terpencil, contohnya Kampung Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo," tandasnya.

Disebutkan, kasus dugaan asusila oleh seorang oknum pendidik di daerah terpencil tersebut yang saat ini bergulir ke ranah hukum, perlu prioritas karena sangat memrihatinkan.

Untuk itu, lanjut dia, butuh sebuah gerakan penyadaran hukum terutama hukum positif, yang nantinya akan bermuara pada hasil akhir tujuan penegakan hukum itu sendiri yaitu, tercipta nya kesejahteraan sosial bagi masyarakat.


"Kesadaran masyarakat tentang pentingnya penegakan hukum akan menciptakan suasana damai penuh keadilan, sehingga mampu meminimalisir gesekan hak-hak privat yang mengatur setiap individu. Aturan sudah dibuat, pelaksana sudah tersedia, tinggal bagaimana masyarakat mampu melaksanakan aturan hukum, atau tumbuh mindset untuk tidak mau melanggar hukum," pungkasnya.(*)


Kontributor : Sarwo Edy
Editor : Irwan Rakhday
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar