SUARA INDONESIA MAGETAN

Ratusan Pelajar di Purworejo Ikuti Pelantikan Saka Wira Kartika

Agus Sulistya - 02 September 2022 | 16:09 - Dibaca 1.08k kali
TNI/Polri Ratusan Pelajar di Purworejo Ikuti Pelantikan Saka Wira Kartika
Dandim 0708 Purworejo saat melakukan MoU dengan kepala sekolah SMK N 8 Purworejo

PURWOREJO - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N) 8 Purworejo, menjalin kerja sama dengan Kodim 0708 Purworejo, untuk pembinaan angkatan muda lewat kegiatan Pramuka. Kerja sama ini dengan diawali pembukaan pelantikan Bantara Pramuka Saka Wira Kartika, yang diteruskan dengan penandatanganan MoU di antara ke-2 pihak di halaman SMK N 8 Purworejo, Jawa tengah, Jumat (02/09/2022).


Sekitar 288 siswa kelas 10 SMK N 8 Purworejo dilantik jadi anggota Saka Wira Kartika oleh Dandim 0708 Purworejo Letkol Inf. Lukman Hakim dan dilihat oleh Kepala sekolah dan beberapa guru pembina.


Dalam sambutannya, Dandim 0708 Purworejo, Letkol Inf. Lukman Hakim sampaikan, kegiatan pramuka Saka Wira Kartika mempunyai tujuan untuk membuat dan membangun angkatan muda sebagai pimpinan bangsa di masa datang, supaya memiliki personalitas yang kuat, semangat, ulet, tidak mudah menyerah, disiplin,kreatif dan pekerja keras untuk mendorong perkembangan dan kesuksesan pencapaian cita-cita bangsa.


"Kami atas nama keluarga besar TNI AD khususnya Kodim 0708/Purworejo memiliki komitmen lewat pembinaan Saka Wira Kartika siap membangun dan membuat angkatan muda yang berkarakter dan berwawasan berkebangsaan dan berjiwa kesatria buat tumbuhkan rasa cinta tanah air dan memperkuat ke-Bhineka Tunggal Ika-an untuk jaga kesatuan bangsa Negara Kesatuan Republik Indonesia," tutur Dandim.


Selanjutnya, Dandim mengutarakan, dirinya mengajak semua pelajar untuk tingkatkan intensif dan kualitas gerakan pramuka sebagai tempat pembangunan karakter bangsa untuk angkatan muda supaya mempunyai psikis personalitas yang kuat, tidak mudah menyerah, disiplin,kreatif dan pekerja keras.


"Gerakan pramuka sebaiknya jadi pelopor dalam tiap sikap dimasyarakat, suka bekerja keras, pintar dan tulus menolong kesusahan warga. Silahkan kita mengajak kaum muda untuk tingkatkan semangat Bela Negara dan semangat patriotisme dalam bela kepentingan bangsa dan tanah airnya," ungkap Dandim


Sementara itu, Kepala sekolah SMK 8 Purworejo Wahyono menjelaskan, bergabungnya SMK N 8 ke Saka Wira Kartika untuk mendidik dan latih pelajar agar sebagai angkatan bangsa harus punyai karakter yang kuat.


"Ini sebagai bentuk empati sekolah pada bangsa supaya selalu dapat terisi oleh angkatan muda yang berkarakter. Ada tiga point yang kami beri ke beberapa pelajar yakni berwira usaha, melanjutkan pekerjaan, dan masuk ke perguruan tinggi. Tiga elemen itu di perlukan karakter yang kuat, mudah-mudahan dengan pramuka Saka Wira kartika ini akan dapat semakin kuat," tutup Wahyono.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya