SUARA INDONESIA MAGETAN

SOTH dan Selantang Upaya DP3AKB Jember Wujudkan Rumah Tangga Berkualitas

Wildan Mukhlishah Sy - 16 September 2022 | 08:09 - Dibaca 1.21k kali
Kesehatan SOTH dan Selantang Upaya DP3AKB Jember Wujudkan Rumah Tangga Berkualitas
Perwakilan BKKBN Jatim dan Kepala DP3AKB Jember, setelah launching SOTH, serta Selantang. Foto: Istimewa

JEMBER- Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlinduangan Anak dan Keluarga Berecana (DP3AKB) Jember, secara resmi melaunching Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) dan Sekolah Lansia Tangguh (Selantang), Kamis (15/9/2022).

Program tersebut digagas oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Timur, sebagai salahy satu bentuk partisipasi pemerintah dalam mewujudkan rumah tangga berkualitas.

Perlu diketahui, SOTH merupakan sekolah pengasuh yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh para orang tua, dalam mengasuh anak terutama Balita.

Hal itu dinilai dapat menjadi langkah yang strategis untuk memaksimjalkan periode cetak, dalam menyiapkian generasi yang unggul.

“Balita berada di rentang periode emas, karena itulah dimana masa pertumbuhan dan perkembangan anak terjadi,” jelas Sub Koordinator BKR perwakilan BKKBN Jawa Timur Yuyun Evriyana Setyarini, saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut, dirinya juga menerangkan mengenai Selantang yang disebut sebagai wadah untuk menampung kegiatan-kegiatan positif keluarga lansia, serta menjadi perwujudan dari kalimat “Belajar Sepanjang Hayat”.

“Kegiatan keluarga lansia dan lansianya, agar bisa menjadi lansia yang sehat, mandiri, aktif dan produktif,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala DP3AKB Jember Suprihandoko menyampaikan, adanya sekolah tersebut juga diharapkan mampu meningkatkan peran masyarakat di setiap RT dan RW untuk bersama-sama menurunkan angkia stunting serta AKI/AKB di Jember.

Untuk itu, dirinya meminta agar peserta dapat mengikuti dan menyimak denganbaik materi yang diberikan di kelas. Sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehar-hari di rumah tangga masing-masing.

“Tolong diikuti dengan baik, sehingga nanti ilmu yang didapatkan bisa diaplikasikan dan juga dibagi kepada orang lain,” tandasnya.


» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya