SUARA INDONESIA MAGETAN

Dinas Peternakan Jombang Kebut Vaksinasi PMK Tahap Dua, Progresnya Sudah Capai 35 Persen

Gono Dwi Santoso - 10 August 2022 | 17:08 - Dibaca 1.27k kali
Kesehatan Dinas Peternakan Jombang Kebut Vaksinasi PMK Tahap Dua, Progresnya Sudah Capai 35 Persen
Kepala Dinas Petenakan Kabupaten Jombang saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (10/08/2022).


SUARA INDONESIA  - Dinas Peternakan (Disperta) Kabupaten Jombang terus melakukan langkah percepata vaksinasi penyakit mulut dan kuku ( PMK ) pada hewan.

Hal itu dilakukan untuk menekan angka penyebaran PMK pada hewan ternak milik masyarakat.

Dari upaya yang sudah dilakukan vaksinasi PMK progresnya sudah mencapai di angka 35 persen.

" untuk mempercepat vaksinasi PMK tahap dua ini kita ada 10 team untuk 21 kecamatan yang berjumlah 5 sampai 7orang. Dimana komposisi  team tersebut,terdiri dari dokter hewan,mantri hewan, petugas IB dan Staff untuk pendataan," terang Agus Susilo Sugioto Kadis Peternakan Kabupaten Jombang, Rabu (10/08/2022).

Lebih lanjut Agus mengatakan, kemarin Dinas Peternakan juga ada tambahan vaksin perluasan mendapatkan jatah vanksinasi untuk perluasan sekitar 7 ribu.

"Alhamdulillah sudah selesai.Untuk vaksin yang kedua dari vaksin yg kita selesaikan hari ini sekitar 5.000 dari droping untuk revaksin 12.000 dengan adanya vaksin wabah PMK di Jombang bisa di kendalikan," kata Agus.

Agus menambahkan, untuk update kasus  PMK di Jombang sampai sore  ini, persebaran kasus PMK tambah sakit baru, ada  sejumlah 18 ekor,kemudian tambah sembuh baru ada  70 ekor, untuk tambah matinya ada  0 ekor.Untuk sapi yang dilakukan potong paksa ada 4  ekor, terangnya.

"Jumlah untuk persebaran kasus PMK keseluruhan di kabupaten Jombang  untuk saat ini yaitu sekitar ada 7610 ekor untuk keseluruhan dinyatakan sembuh ada sebanyak 6837 ekor sapi dan yang sapi yang sakit tinggal 397 ekor, tambahnya.

Agus mengatakan,dengan adanya Vaksinasi PMK dinas peternakan mengklaim persebaran penyakit mulut dan kuku bisa di kabupaten Jombang bisa terkendali .Mengingat vaksin PMK tahap satu sudah selesai 100 persen.

Katanya, untuk vaksinasi tahap ke dua sedang di genjot oleh team vaksinasi, supaya persebaran PMK bisa di kendalikan dan untuk sebaran PMK paling banyak ada  di kecamatan Sumobito, Megaluh dan paling sedikit ada kecamatan Kabuh.***

 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya